Creativeprenuer Class by Ridwan Kamil

Ridwan Kamil merupakan nama yang tidak asing bagi saya. Sebelumnya saya mengenal nama beliau pada kelas Entrepreneurship, salah satu mata kuliah di SBM-ITB, ketika beliau menjadi guest lecture. Ridwan Kamil merupakan seorang arsitek hebat yang prestasi dan karyanya membuat banyak orang berdecak kagum. Om Ridwan telah mengarsiteki sejumlah proyek besar di mancanegara, seperti di Singapura, Thailand, Vietnam, Cina, Hong Kong, Bahrain dan Uni Emirat Arab. Contoh karyanya adalah Marina Bay Waterfront Master Plan di Singapura, Suktohai Urban Resort Master Plan di Bangkok dan Ras Al Kaimah Waterfront Master di Qatar-UEA, Museum Tsunami di Indonesia, dan bahkan Superblok Rasuna Epicentrum di Kuningan seluas 12 hektare, yang meliputi Bakrie Tower, Epicentrum Walk, perkantoran, ritel dan waterfront.

Pada kelas creativepreneur ini, Ridwan Kamil mengajarkan beberapa hal.

Yang pertama adalah bagaimana cara menjadi entrepreneur yang kreatif :

1. Innovative

Jiwa inovatif disini adalah bagaimana agar kita dapat berfikir out of the box. Sebagai calon entrepreneur sukses, kita harus belajar untuk memiliki pandangan kreatif yang berbeda dari orang lain. Sebagai contoh, ketika orang lain berfikir A, kita harus belajar untuk berfikir Z. Memikirkan sesuatu yang unik, kreatif, dan berbeda.

2. Risk Taker

Ketika kita memulai sesuatu, kita harus berani mengambil resiko. Seorang entrepreneur yang baik, kita harus berani mengambil resiko yang telah dipikirkan sebelumnya.

3. Visionary

Visionary  merupakan hal yang sangat penting. Sebelum melakukan sesutum kita harus mengetahui visi dan tujuan yang akan kita capai, Sehingga semua yang kita lakukan akan jelas dan tidak sia-sia. Kita juga harus selalu menyiapkan strategi baru untuk mencapai tujuan tersebut.

4. Strong Leadership

Apabila kita memiliki rasa kepemimpinan yang tinggi, kita dapat memberikan contoh yang baik, dan memotivasi tim kita agar bisa mencapai hasil yang lebih baik.

5. Problem Solver

Untuk menjadi entrepreneur, kita harus bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi. Bukan berarti egois dan memutuskan segalanya sendiri, kita tetap mendengar pendapat orang lain, tetapi disini, kitalah yang harus menyelesaikan masalah tersebut.

6. Agent of Change in Developing The World

Yang dimaksud agent of change adalah, kita harus membantu melakukan perubahan, yang dapat membangun dunia menjadi dunia yang lebih baik.

Om Ridwan juga mengatakan bahwa selain imajinasi, ide, dan kreatifitas, dalam suatu bisnis kreatif, dibutuhkan 3T :

1. Talent

2. Tollerant (terbuka akan ide baru)

3. Technology

8 langkah untuk membangun bisnis kreatif :

1. Observe (the problem)

Observasi adalah bagaimana kita dapat melihat sesuatu sebagai suatu opportunity dan peluang bisnis yang ada.

2. Select

Kita harus memilih bisnis yang sesuai minat dan bakat, dari observasi yang telah dilakukan sebelumnya.

3. Think Different

Kita harus berfikir dengan cara yang berbeda dan out of the box dalam melakukan suatu bisnis.

4. Make a Plan

Dalam melakukan sesuatu, tentunya kita harus membuat rencana dan strategi agar kita dapat mecapai tujuan.

5. Scalable 

Untuk membuat suatu bisnis, kita harus menentukan skala dari kecil sampai besar, berdasarkan step.

6. Design and Technology

Teknologi dan design, merupakan 2 hal terpenting dalam membangun bisnis kreatif. Seperti yang telah saya bahas sebelumnya, semakin tinggi teknologinya, orang cenderung untuk lebih tertarik. Tetapi teknologi yang tinggi juga harus “dipoles” dengan design yang indah dan menarik.

7.  Networking is Everything

Dalam segala hal, networking  merupakan hal yang paling penting. Untuk itulah kita harus pintar-pintar membangun networking. Networking yang baik akan memperlancar jalan kita dan membawa kita ke bisnis yang baik dan sukses.

8. Innovative Marketing

Tahap terakhir ini adalah bagaimana kita dapat memasarkan bisnis yang kita memiliki se-kreatif dan inovatif mungkin agar orang tertarik akan bisnis kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: