World’s Most Creative Country

Bicara mengenai kreatif dan inovasi, kedua kata tersebut merupakan hal yang sangat berkaitan. Apabila kita ingin melakukan inovasi akan sesuatu, kita membutuhkan kreatifitas. Tidak ada inovasi tanpa kreatifitas, dan sebaliknya, dimana ada kreatifitas, pasti akan lahir sebuah inovasi. Ketika membahas soal negara paling kreatif dan inovatif, yang pertama saya pikirkan adalah Jepang.

 

Ketika anda mendengar mengenai Jepang, pasti anda langsung teringat akan betapa terkenalnya “Harajuku Girls” dan industri fashion di Jepang, dan manga atau komik Jepang yang sangat terkenal itu. Jepang memiliki selera fashion yang jauh berbeda dengan negara-negara lain. Jepang memiliki style-nya sendiri. Para remaja dan wanita Jepang terkenal akan keunikannya dalam berpakaian. Mereka rela mati-matian hanya untuk tampil bagus dan unik di depan publik. Sebagai contoh ketika saya ke Jepang, saat itu cuaca sangatlah dingin. Tetapi para remaja Jepang dengan santainya berjalan dengan rok mini, pakaian warna warni, dan tatanan rambut yang unik. ya, merekalah yang sering disebut dengan Harajuku Girls. Mereka tidak peduli apabila cuaca sedang sangat dingin atau bahkan hujan deras, apabila mereka ingin memakai baju tersebut, mereka akan memakainya dengan percaya diri tanpa terilhat tersiksa akan apapun.

Hal yang membuat saya kagum pada Jepang dan membuat saya memilih Jepang sebagai negara paling kreatif dan inovatif adalah bagaimana jepang bisa menginovasi suatu hal yang simple menjadi istimewa. Jepang membuat barang-barang yang tidak terpikirkan sebelumnya, dan mengatasi masalah sehari-hari dengan cara yang unik. Ini merupakan 3 contoh barang unik dari Jepang :

1. Payung Badan

Ketika cuaca sedang hujan, walaupun sudah menggunakan payung, terkadang badan kita tetap kehujanan. Jepang membuat inovasi Payung Badan yang tidak hanya melindungi kepala dari atas, tetapi melindungi seluruh badan.

2. Sumpit Kipas

Alat makan yang digunakan oleh masyarakat Jepang adalah sumpit. Waktu merupakan hal yang sangat berharga bagi mereka. Ketika makan, menunggu makanan seperti mie agar tidak terlalu panas dan siap untuk dimakan dianggap menghabiskan waktu. Sehingga mereka pun menciptakan sumpit kipas.

3. Tisu untuk Flu

Ketika sedang flu atau pilek, tentunya kita membutuhkan banyak tisu siap pakai. Jepang menemukan solusi tisu siap pakai dimana saja, kapan saja.

Masih sangat banyak produk kreatif dan inovatif yang diciptakan oleh Jepang. Menurut saya, 3 contoh barang yang saya sebutkan diatas merupakan 3 barang terunik, lucu, tetapi sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun barang-barang tersebut cenderung aneh dan sedikit orang yang mau menggunakan, tetap menurut saya Jepang sangat juara dalam menciptakan barang yang inovatif dan tak pernah terpikir sebelumnya.

Selain dalam barang-barang unik tersebut, Jepang sekarang juga merupakan nomor 1 dalam bidang otomotif. Jepang men-design mobil dengan bentuk yang lebih kecil, irit bahan bakar, mudah dalam hal perawatannya, tetapi tidak mengesampingkan unsur kenyamanan dan keselamatannya. Ini sangat berbeda dengan mobil-mobil buatan Eropa dan Amerika yang dikenal besar dan boros bahan bakar. Karena keunggulan-keunggulan ini, banyak konsumen yang akhirnya beralih ke mobil Jepang. General Motor, sebuah pabrikan mobil di Amerika misalnya, boleh saja menganggap dirinya sebagai maestro di Amerika, tetapi kini mereka harus mengakui bahwa mobil-mobil Jepang telah menekuknya. Terbukti kreativitas orang Jepang telah mengalahkan Amerika dan negara-negara lain dalam hal inovasi dan kreatifitas, itulah mengapa saya memilih Jepang sebagai negara paling kreatif di dunia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: