Lesson Learned from Creativity and Innovation Course

Pak Apiq merupakan salah satu pengajar yang saya kagumi. Beliau selalu datang lebih awal dari para muridnya, juga selalu menyiapkan materi yang menarik yang tidak pernah kami lihat sebelumnya. Beliau juga merupakan pribadi yang sangat baik. Walaupun ada beberapa mahasiswa yang datang terlambat, bahkan sampai 1 jam, beliau tetap mengizinkan dan menghargai niat mahasiswa tersebut untuk belajar dan mengikuti kelasnya.

Setelah 1 semester mengikuti kuliah Creativity and Innovation, saya mendapatkan banyak sekali pelajaran dan informasi. Pak Apiq menyadarkan kami akan potensi yang sebenarnya kami miliki. Pertama, Pak Apiq selalu mengajarkan kami untuk berfikir kreatif dan out ot the box. Itu juga ditunjukkan dengan metode pengajaran beliau yang tidak selalu teoritis, tetapi dikemas dengan sangat menarik. Awalnya saya hampir menyesal ketika mengetahui kelas CI diadakan pada jam 7 pagi. Tapi ternyata, saya menarik kembali ucapan saya. Saya sama sekali tidak menyesal mengikuti kelas ini. Pak Apiq selalu mengajarkan cara seru yang berbeda setiap pertemuannya. Seperti saat pertemuan pertama, kami diminta untuk mencoba bermain games mengenai perahu yang berisi serigala, domba, dan rumput. Kami diminta berfikir kreatif agar dapat meyebrangkan mereka ke seberang sungai. Kami juga pernah diminta untuk membuat suatu pola garis derngan hanya 1 tarikan. Pak Apiq selalu menghadirkan permainan-permainan yang mengasah otak kami agar berfikir lebih kreatif.

Selain itu, kami juga diajarkan untuk berfikir simple dalam menyelesaikan masalah. Kadang, ketika menghadapi suatu masalah, kita berfikir terlalu jauh dan rumit. Padahal, penyelesaian masalah tersebut cukup simple dan sederhana. Melalui kuliah ini, saya juga mendapatkan beberapa trik-trik sulap dengan bermain angka, dan menyelesaikan persoalan-persoalan matematika dengan cepat dan mudah.

Dalam mata kuliah ini, selain mendapatkan ilmu dari permainan-permainan yang menarik dan mengasah otak, saya juga mengetahui banyak teknologi-teknologi masa depan melalu video-video yang diberikan Pak Apiq. Melalui video tersebut, saya menyadari bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Teknologi semakin berkembang, dan saya dipacu untuk semakin kreatif agar dapat menciptakan hal-hal baru di masa mendatang.

Blog. Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, blog ini merupakan salah satu tugas dalam kuliah Creativity and Innovation. Melalu blog ini, saya belajar untuk mengekspresikan diri saya melalu tulisan, dan membagi informasi yang saya ketahui yang mungkin akan berguna untuk orang lain. Saya juga diajarkan bagaimana membangun kerjasama yang baik dengan orang lain melalu blog kelompok dan presentasi kelompol di kelas.

Saya juga mengetahui lebih dalam mengenai metode SCAMPER dan bagaimana membuat business model. Pak Apiq melatih kami dengan membuat 5 business model sejauh ini, dengan 1 evaluasi SCAMPER. Sehingga kami paham betul poin-poin yang ada dalam business model dan bagaimana business model yang baik. Tentunya ini akan sangat berguna untuk masa depan saya kelak dalam dunia bisnis.

Jadi, saya ingin berterima kasih kepada Pak Apiq dan Kak Bayu yang telah membantu saya mengikuti mata kuliah ini dan memberikan banyak informasi dan pelajaran yang tentunya akan sangat berguna pada kehidupan saya πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: